Senin, 17 Mei 2010

Basket Indonesia Tersingkir

Basket Indonesia Tersingkir
Sports - Nasional
Tim nasional bola basket Indonesia gagal melaju ke perempatfinal setelah tidak berkutik dalam kekalahan 45-86 atas Qatar pada pertandingan Grup C Kejuaraan Asia Bola Basket Putra di Tokushima, Jepang, Minggu (29/7).

Tokushima, Jepang WASPADA Online

Tim nasional bola basket Indonesia gagal melaju ke perempatfinal setelah tidak berkutik dalam kekalahan 45-86 atas Qatar pada pertandingan Grup C Kejuaraan Asia Bola Basket Putra di Tokushima, Jepang, Minggu (29/7).

Ini merupakan kekalahan kedua Indonesia setelah sehari sebelumnya juga tunduk di tangan Kazakhstan 53-107. Kekalahan itu sekaligus memupus harapan Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Noviantika Nasution, agar tim yang terdiri atas 15 pemain itu bisa masuk delapan besar Asia.

"Sebelum bertanding, saya bersikap realistis saja karena Qatar merupakan salah satu calon juara," kata pelatih timnas basket Indonesia, Fictor Gideon Roring.

Mantan center tim nasional itu mengakui hanya menginstruksikan kepada pemain agar bermain baik dan berusaha keras sehingga Qatar tidak mudah memetik kemenangan.

"Tidak mungkinlah kami bisa menang melawan tim yang dua kelas di atas kami. Secara alamiah, Indonesia sudah kalah dari postur tubuh. Mereka lebih tinggi dan besar dari kami," kata pelatih yang akrab disapa Ito itu.

Pada duel di Gedung Basket Asty Tokushima itu, Indonesia selalu keteteran menghadapi permainan cepat dan berkelas yang ditampilkan Qatar. Sementara itu, pelatih Qatar Edward Andrist memuji semangat pemain Indonesia. Sebelum pertandingan, pelatih asal Amerika Serikat itu sudah menganalis pertandingan Indonesia.

Center Qatar Erfan Saeed dan rekannya Daoud Daoud menjadi pencetak angka tertinggi setelah masing-masing mendulang 14 angka. Meski menyumbang 10 angka, Cokorda Raka menjadi top skor Indonesia. Satu-satunya harapan Indonesia terhindar dari juru kunci di Grup C adalah kemenangan di partai terakhir melawan India, Senin (30/7).

Berkat kemenangan atas Mario Wuysang, maka Qatar dan Kazakhstan dipastikan menembus perempatfinal setelah sama-sama meraih dua kemenangan. Sehari sebelumnya, Qatar (juara ketiga dua tahun lalu) di Qatar, mengalahkan India 106-49 dan Kazakhstan menundukkan India 97-74. (m33/ant) (aa)


sumber : http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=984:basket-indonesia-tersingkir&catid=22:nasional&Itemid=41

Tidak ada komentar: